Senin, 11 Juni 2012

Memilih Kado Bayi

Kelahiran putra atau putri merupakan saat yang ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan. Kebahagian ini tentu tidak hanya dirasakan oleh orang tuanya saja, tapi juga orang-orang di sekitarnya.

Kado merupakan bagian dari ekspresi bahwa kita ikut senang dengan kehadiran jabang bayi di tengah-tengah kita. Memilih kado bayi bisa dibilang gampang-gampang susah, karena tak jarang kado yang diberikan ternyata tidak terlalu diperlukan jabang bayi atau orangtuanya, walau hampir semua orang tua menerima dan menghargai apa pun hadiah yang diberikan ketika bayi mereka lahir.

Memilih Kado Bayi

Oleh karena itu, sebaiknya langkah awal ketika kita akan memilih kado bayi adalah mengetahui jenis kelamin bayi, agar lebih mudah untuk memilih barang yang akan dibeli, bahkan untuk pemilihan warna yang sesuai.

Akan tetapi jika kita belum tahu jenis kelamin bayi, sekarang ini sudah banyak tersedia kado yang diproduksi cocok untuk jenis kelamin perempuan ataupun laki-laki (unisex). Langkah kedua adalah berapa dana yang disiapkan untuk membeli kado bayi tersebut.

Setelah itu, baru kita bisa dengan leluasa memilih kado bayi yang relatif dibutuhkan, seperti berikut ini.

Popok (diaper). Baik itu popok kain (klasik) atau pun popok sekali pakai (disposable), termasuk kain flannel yang berfungsi untuk membungkus tubuh bayi, atau sebagai selimut. Sebaiknya ketahui dulu berat badan bayi ketika akan memilih ukuran popok (terutama untuk popok sekali pakai).

Celemek dada (bib). Celemek ini mulai dipakai ketika jabang bayi sudah mulai membutuhkan makanan tambahan. Biasanya sejak enam bulan sampai sekitar tiga tahun. Sekarang ini, para ibu sudah jarang memakaikan bayinya celemek dada karena tidak praktis dan mudah hilang, tapi tetap saja barang yang satu ini dapat dijadikan alternatif untuk kado bayi.

Pakaian. Ukuran pakaian bayi pada umumnya ditentukan dari usianya. Misalnya 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan, dan 9-12 bulan.

Perlengkapan mandi. Mulai dari sampo, sabun, minyak (zaitun, telon, kayu putih), pelembap, minyak wangi (cologne), bedak, handuk, sisir sampai bak mandi bayi.

Selimut. Pilihlah selimut berbahan lembut, yang walaupun sudah beberapa kali dicuci akan terasa nyaman dipakai bayi.

Pelapis tempat tidur (baby crib sheets). Pelapis disesuaikan dengan ukuran boks bayi.

Kantong tidur (baby sleep bags). Sangat cocok untuk bayi yang baru lahir sampai berumur kurang dari setahun.

Perlengkapan perawatan bayi. Seperti gunting kuku, thermometer, cotton buds, alat kompres, dan lain-lain.

Perlengkapan makan. Seperti piring, mangkok, botol susu, sendok-garpu yang aman dipakai untuk bayi.

Kereta dorong (stroller).

Memilih kado bayi tidaklah mesti mahal, tapi harus bijaksana. Kado yang sebenarnya dibutuhkan seorang bayi adalah kasih sayang dan perhatian yang tidak bisa dibeli di toko mana pun. Cinta dan dukungan dari keluarga dan orang-orang di sekitarnya akan menjadi kado abadi yang akan diingat sampai sang bayi tumbuh dewasa, bahkan sampai akhir hayatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar